Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Komunitas Punkajian Dalam Mengajak Anak Punk Untuk Berhijrah (Studi Kasus Komunitas Punkajian Di Bekasi)
Main Authors: | ARTIARINI, Puspita Arwan ( Pembimbing ), MILLATUN, Hanifah |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta
, 1441
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=9741 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMillatun Hanifah, 11150510000030Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Komunitas Punkajian Bekasi dalam Mengajak Anak-Anak Punk Untuk BerhijrahPada umumnya anak-anak punk kurang mengetahui mengenai pengajian-pengajian ataupun soal keagamaan. Namun, Komunitas Punkajian Bekasi merupakan kumpulan anak-anak punk yang mengetahui mengenai keagamaan, sehingga Komunitas Punkajian Bekasi menjadi wadah untuk pembelajaran bagi anak-anak punk. Dengan demikian Komunitas Punkajian Bekasi memerlukan strategi komunikasi persuasif. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan bagaimana strategi psikodinamik, sosiokultural dan konstruksi makna Komunitas Punkajian Bekasi dalam mengajak anak-anak punk untuk berhijrah.Teori yang digunakan dalam penerlitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DefLeur dan Sandra Ball-Rokeach (1989). Teori ini menjelaskan tiga pendekatan dalam komunikasi persuasif, yakni: teori psikodinamik, teori sosiokultural dan teori konstruksi makna. Strategi psikodinamik menekankan pada pendekatan emosional dan faktor kognitif, strategi sosiokultural menekankan pada faktor luar individu yang memengaruhi perilaku seseorang, dan strategi konstruksi makna menekankan bahwa pengetahuan dapat mengubah perilaku.Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi psikodinamik Komunitas Punkajian Bekasi menggunakan pesan-pesan persuasi emosional seperti mengatakan bahwa mereka tidak akan menghakimi namun merangkul anak-anak punk agar mau berhijrah, penggunaan bahasa yang gaul namun sopan, proses sosialisasi yang efektif seperti mengadakan kajian serta memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan persuaded dengan cara tanya jawab yang interaktif baik saat bertatap muka atau melalui media sosial. Strategi sosiokultural Komunitas Punkajian Bekasi yaitu dengan menggunakan pakaian yang santai, memberikan fasilitas pendukung seperti alat untuk ibadah, lalu ulasan/ kesan dari orang terkemuka dan lingkungan pertemanannya. Strategi konstruksi makna menggunakan pemahaman sederhana dengan analogi juga slogan yang tertanam di hati jamaahnya.Kata kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Komunitas Punkajian Bekasi, Punk
- xi, 119 hlm,; 26 cm.