Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Komunitas Terang Jakarta Dalam Mengajak Anak Muda Berhijrah Melalui New Media
Main Authors: | SITI, Sakhinah, ARMAWATI, Arbi (Pembimbing) |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Jakarta
, 1440
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8981 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSiti Sakhinah11140510000042Strategi Komunikasi Persuasif Pengurus Komunitas TerangJakarta dalam Mengajak Anak Muda Berhijrah melalui NewMediaFenomena hijrah menjadi tren di kalangan anak muda. Halini tidak lepas dari pengaruh dakwah yang meluas ke ranah newmedia. Salah satunya adalah komunitas Terang Jakarta yanggencar mengajak anak muda berhijrah melalui new media sepertiwebsite, Instagram, serta Whatsapp. Dengan demikian, penguruskomunitas Terang Jakarta memerlukan strategi komunikasipersuasif.Terdapat tiga pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu: 1)bagaimana the psychodynamic strategy pengurus komunitasTerang Jakarta dalam mengajak anak muda berhijrah melalui newmedia? 2) Bagaimana the sociocultural strategy penguruskomunitas Terang Jakarta dalam mengajak anak muda berhijrahmelalui new media? 3) Bagaimana the meaning constructionstrategy pengurus komunitas Terang Jakarta dalam mengajak anakmuda berhijrah melalui new media?Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasipersuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Rokeach, yaitu: 1)the psychodynamic strategy, 2) The sociocultural strategy, 3) Themeaning construction strategy.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancaramendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukandengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksidata, penyajian data, dan penarikan serta uji coba kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengurusmengimplementasikan: 1) the psychodynamic strategy di newmedia menggunakan desain menarik dan bahasa sehari-hari. 2) Thesociocultural strategy di new media menggunakan aturan, normadan kontrol sosial pada Instagram dan grup Whatsapp. 3) Themeaning construction strategy di new media menggunakankonstruksi makna agar persuade mudah memahami pesan.Kata kunci: Komunikasi, Persuasif, Strategi, Media, HijrahiiABSTRACTSiti Sakhinah11140510000042Persuasive Communication Strategy of the Administrators ofTerang Jakarta Community in Persuade Youth to do Hijrahthrough New MediaThe phenomenon of hijrah is becoming a trend among youthtoday. This is because of the spread of da'wah through new media.Terang Jakarta is a youth Islamic community whose intensivelypersuade youth to do hijrah through new media: website,Instagram, and Whatsapp. Therefore, the administrators of TerangJakarta community need a persuasive communication strategy.There are three questions in this study: 1) how is thepsychodynamic strategy of the administrators of Terang Jakartacommunity in persuade youth to do hijrah through new media? 2)How is the sociocultural strategy of the administrators of TerangJakarta community in persuade youth to do hijrah through newmedia? 3) How is the meaning construction strategy of theadministrators of Terang Jakarta community in persuade youth todo hijrah through new media?This study uses the theory of persuasive communicationstrategy by Melvin L. DeFleur and Sandra J. Ball-Rokeach: 1) thepsychodynamic strategy, 2) The sociocultural strategy, 3) Themeaning construction strategy.This study uses qualitative approach. Techniques of datacollection is done by observation, in-depth interviews, anddocumentation. Techniques of data analysis is done by used Milesand Huberman models: data reduction, data presentation, andwithdrawal and testing conclusion.The result of this study are that the administratorsimplements: 1) the psychodynamic strategy in new media usesattractive designs and colloquial language. 2) The socioculturalstrategy in new media uses rules, norms and social control onInstagram and Whatsapp group. 3) The meaning constructionstrategy in new media uses meaning construction, so persuade canunderstand the message easily.Key Words: Communication, Persuasive, Srategy, Media, Hijrah
- xii, 83 hlm,; 26 Cm.