Analisis isi pemberitaan pilkada DKI Jakarta puratan kedua di surat kabarharian media indonesia dan surat kabar harian republika

Main Authors: RACHMAT, Baihaky ( Pembimbing ), PUTRI, Ayu Ramadhani
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi , 1439
Subjects:
Online Access: http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8560
Daftar Isi:
  • Putri Ayu Ramadhani. 1113051000110, Analisis Isi Pemberitaan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua di Surat Kabar Harian Media Indonesia dan Surat Kabar Harian Republika, dibawah bimbingan Rachmat Baihaky M.ATahun 2017 merupakan tahun untuk merayakan pesta demokrasi di berbagai daerah yaitu, Pilkada Serentak 2017. Salah satu daerah yang turut menyelenggarakan Pilkada Serentak adalah Ibukota DKI Jakarta. Pilkada DKI Jakarta menjadi sorotan masyarakat luas terutama kalangan media massa yang turut aktif meramaikan suasana Pilkada DKI Jakarta dengan berbagai pemberitaan. Menjelang hari pemilihan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua yang diselenggarakan pada tanggal 19 April 2017, beragam informasi terkait pasangan calon baik yang pro dan kontra berkembang di kalangan media terutama media cetak nasional seperti Media Indonesia dan Republika. Kedua media tersebut menyajikan satu halaman Rubrik Khusus di halaman 3 terkait Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua.Penelitian ini menggunakan metode analisis isi pendekatan deskriptif dengan mengkaji kualitas pemberitaan profesional media dalam memberitakan isu Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua yang disajikan secara khusus di halaman 3. Pengukuran kualitas berita pada penelitian ini menggunakan kategorisasi media performance yang di kembangkan oleh Denis Mcquail (1992). Media performance merupakan alat ukur untuk mengevaluasi profesional media dalam menyajikan pemberitaan.Selain mengukur kualitas pemberitaan, penelitian ini juga menganalisis isi sikap penulisan Media Indonesia dan Republika terhadap pemberitaan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua, yang terdiri dari 3 kategorisasi yaitu, menguntungkan (favourable), tidak menguntungkan (unfavourable) dan netral. Terdapat 6 dimensi kategorisasi media performance dalam penelitian ini, yaitu faktual, akurasi, kelengkapan, relevansi, keseimbangan, dan netralitas yang menjadi tolok ukur penilaian.Hasil analisis menunjukkan, sikap penulisan pemberitaan Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua yang tidak netral (menguntungkan dan tidak menguntungkan) memiliki frekuensi lebih tinggi dibanding pemberitaan yang netral pada Media Indonesia dan Republika, yaitu netral 40% untuk Media Indonesia dan 44% Republika. Tidak Netral memiliki presentase sebesar 60% untuk Media Indonesia dan 56% untuk Republika. Hasil analisis media performance mendapatkan penilaian yang cukup untuk kedua media dengan skor presentase 61,77% untuk Media Indonesia dan 66,48% untuk Republika.Kata Kunci: Pilkada DKI Jakarta, Putaran 2, Media Performance, Media Indonesia, Republika.
  • 157 hlm.