Bias Pemberitaan Partai Perindo Dalam Program Inews Malam Analisis Wacana Kritis Berita Kampaye Politik Partai Perindo Dalam Program Inews Malam
Main Authors: | FITA, Fathurokhmah ( Pembimbing ), ERNAWATI, Kurniawan |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
, 1438
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8545 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKErnawati KurniawanBias Pemberitaan Partai PERINDO dalam program iNews Malam: AnalisisWacana Kritis Berita Kampanye Politik Partai PERINDO dalam ProgramiNews Malam.Media massa sebagai suatu lembaga yang tekait dengan sistem-sistemsosial lainnya (ekonomi,politik,budaya, dll) memiliki potensi besar dalam bidangperusahaan industri dan bisnis. Secara otomatis, bisnis media mulai diatur olehtokoh-tokoh yang punya kekuatan politik dan uang. para elite kekuasaan dan elitebisnis berkolaborasi mengatur isi media. Akibatnya, Kebebasan pers yang dijiwaidemokrasi dan liberalisme, telah disusupi corong-corong propaganda segelintirorang untuk kepentingan politik dan bisnis. Tak heran jika dalam praktiknya,jurnalis bekerja sesuai ideologi media masing-masing sehingga banyak ditemukanpemberitaan yang menjadi bias karena adanya kepentingan-kepentingan pemilikmodal. Sebagai CEO dari MNC grup sekaligus Ketua Umum partai PERINDO,tak jarang jika Harry Tanoesodibjo memobilisasi media miliknya untukkepentingan-kepentingan politik partainyaBerdasarkan persoalan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana bias kepentingan elite politik dalam pemberitaan kampanyepartai PERINDO dalam program iNews malam?Adapun metode yang digunankan dalam penelitian ini adalah menggunakananalisis wacana model Teun a Van Djik dengan pendekatan kualitatif danmenggunakan paradigma kritis. Metode ini memiliki tiga elemen penting, yaitustruktur teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Teori yang digunakan dalampenelitian ini adalah teori wacana kritis yang melihat media bukanlah saluranyang bebas dan netral, tetapi media dimiliki oleh kelompok tertentu dandigunankan untuk mendominasi kelompok yang tidak dominan.Berdasarkan tiga elemen di atas, hasil penelitian dan analisis menunjukkanadanya bias-bias kepentingan politik yang terpresentasi dalam teks beritakampanye politik partai PERINDO yang ditayangkan dalam program berita iNewsmalam. Dalam kognisi sosial diketahui bahwa wartawan yang menulis beritakampanye politik partai PERINDO bekerja sesuai dengan ideologi, intruksi dankepentingan pemilik modal. Dan dalam konteks sosial terjadi pro dan kontra dimasyarakat mengenai penayangan berita kampanye politik partai PERINDOtersebut.Jadi, dalam penayangan berita kampanye politik partai PERINDO,ditemukan adanya kecenderungan isi media menjadi bias. Hal tersebut disebabkanoleh adanya kepentingan-kepentingan politik pemilik modal dengan tujuan untukmendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dalam bidang ekonomi maupunpolitik.Kata kunci: ideology media, bias pemberitaan, kepentingan politik, beritakampanye politik, dan iNews TV.
- 77 hlm.