Public Relations politik Tim Komunikasi Presiden Republik Indonesia Dalam Pengelolaan Isu-Isu Publik
Main Authors: | MUSFIAH, Saidah, GUN Gun, Heryanto ( Pembimbing ) |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
, 1438
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8297 |
Daftar Isi:
- Pengelolaan isu publik merupakan hal yang penting dalam menjaga stabilitaspemerintahan. Peran public relations diperlukan dalam membantu menjawab danmengelola isu publik yang berkembang terutama di era arus informasi seperti saatini. Perubahan nilai kepuasan publik bergantung pada bagaimana pemerintahmengelola isu-isu publik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengetahuibagaimana pendekatan Public Relations Politik Tim Komunikasi Presiden dalampengelolaan isu-isu publik? Bagaimana Performa Komunikatif Tim KomunikasiPresiden dalam pengelolaan isu-isu publik?Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metodepenelitian studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperincidan mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tidakberstruktur, wawancara dan dokumentasi.Adapun teori yang digunakan adalah teori Performa Komunikatif yangdikemukakan oleh Pacanowsky dan O?Donnell Trujilo yang menggambarkanproses simbolik dari pemahaman prilaku manusia di dalam sebuah organisasi.Selain itu peneliti juga menggunakan konsep pendekatan public relations politikuntuk membantu menjawab masalah dalam penelitian ini.Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan menunjukan beberapa pendekatanpublic relations politik yang digunakan Tim Komunikasi Presiden dalampengelolaan isu-isu publik. Pendekatan PR politik dilakukan dengan menjalinhubungan dengan audience kunci, penggunaan media sosial dan media relations,pelibatan aparat penegak hukum dan optimalisasi kunjungan kerja atau biasadisebut blusukan. Sedangkan dalam menyukseskan pendekatan tersebut, TimKomunikasi Presiden melakukan kerjasama dengan berbagai pihak danmembentuk budaya kerja serta performa komunikatif yang baik sehinggakerjasama dalam pengelolaan isu dapat optimal.Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan jika pendekatan yangpaling efektif dan sering digunakan adalah hype politic yaitu dengan menggunkanmedia sosial dan media relations. Sedangkan performa komunikatif TimKomunikasi Presiden sejauh ini sudah cukup baik yang teraplikasi melaluikerjasama antara Tim Komunikasi Presiden dengan Kantor Staf Presiden,Kementrian/lembaga maupun pers namun perlu ditingkatkan terutama dari sisiperforma enkulturasinya.Kata Kunci : Public Relations, Politik, Tim Komunikasi Presiden, Isu-isu Publik.
- 130 hlm.