Pengaruh Tayangan Apa Kabar Indonesia TVONE Terhadap Pengetahuan Santri SMA Pondok Pesantren Daar El-Qolam II Mengenai Makna Radikalisme Islam

Main Authors: NOOR, Bekti Negoro, NUR, Fatkhinnisa Fitria
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fak. Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi , 1438
Subjects:
Online Access: http://opac.fidkom.uinjkt.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8151
Daftar Isi:
  • Setiap stasiun televisi berlomba menampilkan program berita paling aktual danfaktual. Salah satu program berita tvOne adalah Apa Kabar Indonesia yang dibungkusdalam bentuk talkshow. Dalam acara tersebut, satu topik yang sedang hangat dibahassecara mendalam dan juga menghadirkan Narasumber yang berkaitan dengan topiktersebut. Tayangan berita televisi merupakan praktik media massa untuk melakukan fungsimedia massa sebagai sumber informasi dan juga sebagai fungsi edukasi. Topik yangmendapat perhatian khusus tersebut tentu meninggalkan kesan, efek atau pengaruh kepadapenontonnya.Penjabaran di atas menimbulkan pertanyaan, Adakah hubungan antara menontontayangan Apa Kabar Indonesia di tvOne dengan tingkat pengetahuan penonton terhadapmakna radikalisme Islam? Apakah terdapat pengaruh menonton tayangan Apa KabarIndonesia di tvOne dengan tingkat pengetahuan penonton terhadap makna radikalismeIslam? Adakah pengaruh tayangan terhadap sikap santri setelah menonton tayangantersebut?Hubungan atau korelasi suatu tayangan dengan pengetahuan penonton dipengaruhioleh tayangan, lingkungan kehidupan dan intensitas menonton. Jika kualitas tayangan baik,lingkungan hidup yang mendukung serta intensitas yang tinggi, maka akan adakemungkinan terdapat hubungan antara tayangan dan pengetahuan penonton.S-O-R merupakan singkatan dari stimulus-organism-response. Teori ini berasaldari ilmu psikologi. Namun kini juga digunakan pada ilmu komunikasi karena objekmaterialnya sama. Kedua ilmu ini memiliki objek material manusia yang jiwanya meliputikomponen-komponen yang diantaranya adalah sikap, opini, kognisi, afeksi dan konasi.Ada tidaknya pengaruh, diteliti dengan menggunakan pendekatan kuantitatif danmetode survei. Temuan data dianalisis dengan uji normalitas Kosmogorov-Smirnov, ujiregresi linear berganda, uji F-test, uji T-test, uji korelasi berganda dan uji koefisiendeterminasi.Berpengaruh tidaknya suatu tayangan pada pengetahuan penonton bergantung padatayangan itu sendiri. Suatu tayangan dapat memberikan pengaruh dilihat dari host,Narasumber yang dihadirkan, konten, durasi tayangan, waktu penayangan dan studio ataulatar. Meski tidak signifikan, tetapi keenam hal tersebut tetap memiliki pengaruh kecilterhadap pengetahuan penonton.Hasil penelitian ini adalah tayangan yang memiliki dimensi host, Narasumber,konten, durasi tayangan dan waktu penayangan tidak memiliki hubungan dan pengaruhyang signifikan dengan pengetahuan penonton. Pada dimensi studio atau latar, tidakterdapat hubungan dan pengaruh sama sekali terhadap pengetahuan penonton.Kata Kunci: Tayangan, Berita, Pengaruh, Pengetahuan, Radikalisme, tvOne
  • 105 hlm.