Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media Audio Visual Berbentuk CD, peningkatan penguasaan konsep siswa yang pembelajarannya menggunakan media Audio Visual, dan pendapat siswa terhadap media Audio Visual yang digunakan dalam proses pemebelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bojongmangu. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah satu kelas yaitu kelas VIII.2. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dari kegiatan yang dilakukan siswa dan guru selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan media Audio Visual terlaksanan dengan baik pada tiap pertemuan dan terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa yang signifikan setelah dilaksanakannya pembelajaran menggunakan Audio Visual sesuai dengan hasil uji signifikansi (uji t) yang menunjukan thitung (31,38) lebih besar dari nilai ttabel (2.05). Besarnya peningkatan penguasaan konsep siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,72. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata siswa berrpendapat baik terhadap media Audio Visual yang digunakan. Nilai rata-rata pendapat siswa secara keseluruhan sebesar 98,66% dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian penggunaan media Audio Visual berbentuk CD tentang materi cahaya dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.