Daftar Isi:
  • Hasil studi pendahuluan mengatakan pengembangan LKS dianggap penting karena banyak LKS yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, model dan tingkatan soal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Creative Problem Solving materi sistem ekskresi yang berkualitas untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and development dengan model pengembangan 4-D (Design, Define, Development dan Dissemination) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dibantu metode Pre-eksperimental dengan desain one group posttest pretest penelitian yang dilakukan sampai tahap disseminate summative evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan soal yang diberikan kepada 2 orang dosen ahli satu sebagai ahli media, satu sebagai ahli materi, satu guru dan 36 siswa. Hasil penelitian pengembangan LKS berbasis CPS dilihat dari disseminate summative evaluation oleh siswa memiliki tampilan sangat baik, materi dan manfaat baik sedangkan oleh guru semua komponen mendapat nilai baik. Dapat disimpulkan LKS berbasis CPS dinilai oleh guru 90% dan oleh siswa 91,67% sangat terlaksana dengan baik, hasil belajar siswa bernilai 99,1% menunjukkan tuntas dan mendapat respon 100% sangat setuju/baik dari siswa.