Sosialisasi Program “Safety Riding” sebagai Public Relations Campaign Ditlantas Kepolisian Daerah Jawa Barat(Studi Deskriptif Program Safety Riding Dilantas Polda Jabar Jl. Soekarno Hatta No.748)
Main Author: | Ana Adelia, Ana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/662/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/4/4_bab1.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/5/5_bab2.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/6/6_bab3.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/7/7_bab4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/8/8_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/662/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan studi kasus yang mengkaji program safety riding yang di dalamnya membahas program safety riding sebagai public relations campaign. Public relations campaign adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran untuk merebut perhatian serta menumbuhkan persepsi atau opini positif terhadap suatu kegiatan atau program dari suatu lembaga atau organisasi agar tercipta suatu kepercayaan dan citra yang baik dari masyarakat melalui penyampaian pesan secara intensif dengan proses komunikasi dan jangka waktu tertentu yang berkelanjutan. Ditlantas Polda Jabar mengkampanyekan program safety riding agar masyarakat mengetahui, memahami dan menyadari kepentingan keselamatan dalam berkendara bagi dirinya dan bagi orang lain, selain itu public relations campaign program safety riding ini merupakan implementasi dari undang-undang no 22 tahun 2009 tentang keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan penjelasan mengenai Sosialisasi Program Safety Riding sebagai Public Relations Campaign Ditlantas Kepolisian Daerah Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Studi kasus ini dimaksudkan agar peneliti dapat menggali, menguraikan tentang sosialisasi program safety riding sebagai public relations campaign yang dilakukan oleh Ditlantas Polda Jabar meliputi, bentuk-bentuk public relations campaign melalui media internal, teknik-teknik yang digunakan dalam public relations campaign, langkah-langkah evaluasi setelah public relations campaign dalam sosialisasi program safety riding. Pengumpulan data primer dilakukan dengan berupa wawancara mendalam pada polisi lalu lintas di Polda Jabar. Sedangkan data sekunder ( buku-buku, kliping, dokumentasi, website, dll). Purposive sampling merupakan teknik pemilihan informan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi program tersebut dikampanyekan oleh Ditlantas Polda Jabar agar masyarakat mengetahui tentang program yang diadakan oleh Ditlantas Polda Jabar dan juga masyarakat dapat memahami tentang safety riding agar tercipta tertib lalu lintas yang berdampak pada penurunan angka kecelakaan lalu lintas. Penggunaan media internal merupakan kunci keberhasilan dalam public relations campaign seperti printed materials, spoken and visual word, media pertemuan, teknik-teknik yang digunakan dalam public relations campaign adalah partisipasi, integrative, penataan patung es, memperoleh empati.