Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran kooperatif MURDER pada materi usaha dan energi. Diharapkan dengan model pembelajaran Kooperatif MURDER dapat melatih dan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMA Darul Falah. Metode penelitiannya adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi kelas XI MIPA SMA Darul Falah sebanyak 175 peserta didik, sampel yang diambil dengan simple random sampling kelas XI MIPA 5 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Data mengenai keterlaksanaan guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data peningkatan pemahaman konsep peserta didik melalui tes soal uraian sebanyak 7 soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan peserta didik menggunakan model pembelajaran Kooperatif MURDER mengalami peningkatan disetiap pertemuannya; dengan rata-rata keterlaksanaan dari seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 89% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 82% dengan kategori baik. Selain itu juga terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif MURDER dengan peningkatan dari rata-rata nilai n-gain sebesar 0,67 yang termasuk kedalam kategori sedang.