Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Pemahaman Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen Pada Pokok Bahasan Prisma & Limas Siswa Kelas VIII MTs Ar-Raudoh)

Main Author: Aisah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/1/1_COVER.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/2/2_ABSTRAK.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/3/4_BAB1.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/4/5_BAB2.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/5/6_BAB3.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/6/7_BAB4.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/7/8_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/6271/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematik siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe kancing gemerincing. Model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing adalah model pembelajaran kelompok yang menggunakan alat peraga berupa kancing yang berguna sebagai tanda bahwa setiap individu telah memberikan kontribusinya berupa ide atau gagasan dalam menyelesaikan permasalahan. Untuk mengarah pada tujuan tersebut maka penelitian ini mengkaji: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing; (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematik yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif kancing gemerincing; (c) Perbedaan pencapaian antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional; (d) Sikap siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing yang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di MTs Ar-Raudoh secara keseluruhan berjumlah 35 siswa. Adapun instrumen penelitian yang digunakan diantaranya yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru, soal pemahaman matematik dan skala sikap. Hasil dari penelitian ini adalah (a) Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing secara umum terlaksana dengan baik (b) Peningkatan kemampuan pemahaman matematik siswa yang mempreoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe kancing gemerincing memiliki kategori cukup dengan rata-rata gain 0,58; (c) Kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe kancing gemerincing berbeda dibandingkan kemampuan pemahaman matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensionali;; (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing secara umum adalah baik. Hal ini ditunjukkan oleh persentase respon positif siswa yaitu 79,65%.