Daftar Isi:
  • Model Problem Based Learning (PBL) di desain untuk membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir dan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Asshiddiqiyah Garut dan sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling adalah peserta didik kelas XI MIA 1 yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru sebesar 89% terkategorikan sangat baik dan peserta didik 79% terkategorikan baik. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor dengan peningkatan sebesar 0,66 terkategorikan sedang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji Wilcoxon match pair didapatkan Zhitung (2,80) > Ztabel (0,708) yang berarti terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian, model Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor