Analisis Perbandingan Algoritma Fisher Yates Shuffle dan Linear Congruent Method untuk Pengacakan Soal Ilmu Nahwu Berbasis Android
Daftar Isi:
- Kuis Nahwu adalah aplikasi pembelajaran dasar ilmu bahasa arab yang dapat di mainkan oleh masyarakat umum diatas umur 12 tahun. Dalam menu latihan soal, terdapat soal – soal dan 4 pilihan ganda. Pengguna cukup memilih salah satu pilihan ganda tersebut yang pengguna anggap benar/cocok dengan soal yang ada. Dalam satu kali game, terdapat 5 pertanyaan. Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, akan langsung terlihat skornya. Tujuan dari pembangunan aplikasi ini selain sebagai media hiburan juga sebagai media pembelajaran dan pelatihan daya ingat untuk pengguna permainan (user). Untuk membuat aplikasi Kuis Nahwu ini, penulis menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle (FYS) yang digunakan untuk melakukan fungsi pengacakan pada pilihan ganda dan algoritma Linear Congruent Method (LCM) sebagai pembandingnya. Pengujian white box dan black box diterapkan untuk melihat kelayakan dari program serta memperoleh efisiensi dalam perbandingan metode pengacakan. Hasil pengujian white box dan black box pada aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi sudah layak. dengan mengacu pada hasil pengujian white box bahwa algoritma Fisher Yates Shuffle (FYS) dan Linear Congruent Method(LCM) memiliki kompleksitas yang sama dengan hasil cyclomatic complexity = 2.