Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif MURDER dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada konsep fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Al-Jawami, dengan teknik sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak 36 orang. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data pemahaman konsep peserta didik diperoleh melalui tes pilihan ganda juga hasil peserta didik selama pembelajaran yang diperoleh melalui lembar kerja kelompok peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kooperatif MURDER berkategori sangat baik dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 93 % dan rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 83% yang berkategori baik. (2) Pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan diperoleh Z_hitung (5,23)>Z_tabel (1,68). Besarnya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dilihat dari rata-rata N-gain sebesar 0,87 dengan kategori tinggi.