Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) berbasis Project Based Learning pada topik Ekologi

Main Authors: Hidayat, Ara, Nadillah, Nida
Format: Lainnya PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Biologi , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/4239/1/1132060053%20-%20NIDA%20NADILLAH.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/4239/
Daftar Isi:
  • Lembar kerja siswa (LKS) merupakan lembaran tugas dan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas yang harus dikerjakan. Pada umumnya disekolah LKS berupa kumpulan-kumpulan soal yang harus dikerjakan oleh siswa tanpa disertai dengan kegitan observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis Project Based Learning pada topik Ekologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Prosedur yang diadaptasi tersebut meliputiempat tahap: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Kelayakan LKS dinilai penilaian ahli ditinjau dari aspek materi, bahasa, isi yang disajikan, grafik, kelengkapan komponen LKS, dan kesesuaian komponen LKS berbasis Project Based Learning. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli, aktivitas siswadan penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pada saat uji coba di SMAN Jatinangor. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran biologi berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis Project Based Learning. Berdasarkan penilaian (Validasi) yang dilakukan oleh pakar. LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 83%, dan katagori “sangat baik”, sedangkan aktivitas siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan LKS menunjukan nilai rata-rata 74%. Hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa LKS berbasis Project Based Learning pada materi ekologi adalah 85.5 dengan kategori sangat baik.