Aktivitas Keberagamaan Siswa di Lingkungan Keluarga Hubungannya dengan Minat Belajar Mereka pada Bidang Studi PAI (Penelitian pada Siswa Kelas 2 SMPN I Cileunyi Bandung)

Main Author: Eri Fauzi Rahman, Eri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/2897/1/abstrak.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2897/2/bab1.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2897/3/bab2.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2897/4/bab3.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2897/5/bab4.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2897/6/daftar_pustaka.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/2897/
Daftar Isi:
  • Mengacu pada judul di atas, penelitian ini bertolak dari permasalahan, yaitu berupa adanya kesenjangan antara aktivitas keberagamaan siswa di lingkungan keluarga dengan kenyataan relatif rendahnya minat belajar mereka pada bidang studi PAI. Melalui penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengungkap tentang realitas aktivitas keberagamaan siswa di lingkungan keluarga, minat belajar mereka pada bidang studi PAI, serta hubungan aktivitas keberagamaan siswa di lingkungan keluarga dengan minat belajar mereka pada bidang studi PAI. Permasalahn di atas, berdasarkan asumsi teoretik yang menyatakan bahwa aktivitas seseorang memiliki ketergantungan terhadap keinginan kuat yang dimiliki oleh orang tersebut (minat). Karena itu dapat di interpretasikan bahwa kadar minat seseorang dalam suatu institusi pendidikan memiliki keterkaitan dengan aktivitas mereka dalam mengikuti suatu kegiatan pembelajaran. Dengan melibatkan kenyataan siswa kelas 2 SMPN 1 Cileunyi Bandung, penelitian ini bertolak dari hipotesis yang menyatakan bahwa semakin tinggi aktivitas keberagamaan siswa di lingkungan keluarga, maka semakin tinggi pula minat belajar mereka paa bidang studi PAI. Secara umum berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas penggunaan metode deskriptif, karena metode ini dianggap mampu untuk mengungkapkan dan menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang. Untuk sampelnya melibatkan 40 orang siswa kelas 2 SMPN 1 Cileunyi Bandung, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan, dan analisis data. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperolah kesimpulan bahwa hubungan antara aktivitas keberagamaan siswa di lingkungan keluarga dengan minat belajar mereka pada bidang studi PAI, dengan menggunakan korelasi rank spearman diperoleh angka sebesar 0,18, kualifikasi sangat lemah karena berada pada daerah interval 0,00 ï¿1⁄2 0,20. Sementara itu berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui thitung = 115 < ttabel = 170, ini berarti tidak terdapat bubungan yang signifikan antara aktivitas keberagamaan siswa di lingkungan keluarga dengan minat belajar mereka pada bidang studi PAI. Adapun besarnya pengaruh antara variabel X dengan variabel Y diketahui sebesar 2%, artinya masih terdapat 98% faktor lain yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa terhadap bidang studi PAI.