Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Bilangan Cacah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match (Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukaratu Kelas IV Sukaresik Tasikmalaya)
Main Author: | Nia Darojat, Nia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsgd.ac.id/1504/1/1_cover.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1504/2/2_abstrak.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1504/3/3_daftarisi.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1504/4/4_bab1sd4.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1504/5/5_daftarpustaka.pdf http://digilib.uinsgd.ac.id/1504/ |
Daftar Isi:
- Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan memajukan daya pikir manusia. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi dimasa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik sejak sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analisis, sintesis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama, melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe Make A-Match diharapkan terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian bilangan cacah. Sebab hasil belajar merupakan tujuan dari pembelajaran siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran proses peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada seluruh siklus selama pembelajaran dan setelah proses pembelajaran matemateka berlangsung. Dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang dikembangkan peneliti. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan sumber penelitian di Kelas IV MI Negeri Sukaratu Tasikmalaya, sukaresik Tasikmalaya. Dari hasil penelitian data tes tiap- tiap siklus diperoleh gambaran bahwa persentase rata-rata hasil belajar siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A-Match mengalami peningkatan pada setiap siklus. Tes awal ke siklus I 5% dan siklus I ke siklus II 10%. Jadi hasil yang diraih selama pembelajaran melalui pendekatan model pembelajaran koopertif tipe Make A-Match pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Sedangkan hasil belajar siswa melalui tes siklus I 65 dan siklus II 75 dan aktivitas siswa siklus I sebesar 66,6% dan siklus II sebesar 80% dengan respon positif siswa. Hal ini menunnjukan proses belajar mengajar di Kelas IV MI Negeri Sukaratu Sukaresik Tasikmalaya melalui pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe Make A-Match memberikan respond an sikap posistif.