Tanggapan Siswa terhadap Model Pembelajaran Direct Instruction Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian di Kelas VII SMPN 1 Cileunyi Bandung)

Main Author: Susan Pertiwi, Susan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsgd.ac.id/1183/1/1_abstrak.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/1183/2/2_daftarisi.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/1183/3/3_BAB1to4.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/1183/4/4_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://digilib.uinsgd.ac.id/1183/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung, yaitu diperoleh kenyataan bahwa tanggapan siswa terhadap model pembelajaran direct instruction terindikasikan tinggi. Akan tetapi di lain pihak motivasi mereka dalam mengikuti mata pelajaran PAI terindikasikan rendah. Hal ini terlihat pada saat siswa mengikuti pembelajaran menampakkan sikap kurang bersemangat, suasana kurang aktif dan kurang siap mengikuti pembelajaran. Disini terdapat kesenjangan, di satu pihak penerapan model pembelajaran direct instruction berjalan dengan baik, tetapi pada kenyataannya belum bisa membangkitkan motivasi belajar siswa. Dari fenomena tersebut penulis tertarik untuk menelitinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap model pembelajaran direct instruction dan realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI serta untuk mengetahui hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran direct instruction dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap model pembelajaran direct instruction. Dengan demikian hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan siswa terhadap model pembelajaran direct instruction maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang menjadi alat pokok pengumpulan datanya adalah angket. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis variabel per indikator, uji normalitas per variabel, penafsiran, uji linieritas regresi serta koefisien korelasi dengan rumus Product Moment karena kedua variabel yang diteliti berdistribusi normal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel X berdistribusi normal dengan nilai rata-rata 3,76 termasuk kategori tinggi. Variabel Y berdistribusi normal dengan nilai rata-rata 3,89 termasuk kategori tinggi. Maka penafsirannya hanya menafsirkan nilai meannya saja. Hasil penafsiran variabel X yaitu mean (56,43:15) maka diperoleh 3,8 termasuk kategori tinggi.. Dan penafsiran variabel Y yaitu mean (58,67:15) maka diperoleh 3,91 termasuk kategori tinggi. Pada uji linieritas regresi didapat Ftc = 0,78 < Ftab = 1,9, artinya data tersebut berregresi linier. Pengujian korelasi mengacu pada rumus Product Moment, harga Koefisien korelasi sebesar 0,26. Angka tersebut menunjukkan adanya korelasi rendah karena berada pada interval 0,20 – 0,40 Hipotesis alternative (Ha) di terima. Kadar pengaruh antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran direct instruction dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI mencapai 6,76%. Dengan kata lain masih ada sekitar 93,24% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Cileunyi – Bandung.