GAMBARAN TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH DITAMAN KANAK-KANAK DHARMAWANITA DESA NGAMPEL SARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

Main Author: KHUMAYARO, SITI
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: UNKNOWN , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/880/1/KT-KP-140062_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/880/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-9918.html
Daftar Isi:
  • Mendeteksi Dini Perkembangan Anak Khususnya Perkembangan Social Dianggap Sangat Perlu Sebab Perkembangan Anak Pada Masa Kecilnya Akan Mempengaruhi Proses Belajarnya Kelak Pada Saat Masa Sekolah. Masalahannya, Masih Ada Anak Yang Hubungan Interaksi Sesama Teman Sebaya Dan Kepada Gurunya Kurang, Padahal Anak Sudah Melalui Proses Kegiatan Belajar Di Tk Selama Lebih Dari Satu Tahun. Tujuan Penelitian Mengetahui Gambaran Tingkat Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Dharmawanita Desa Ngampel Sari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Desain Penelitian Ini Deskriptif. Populasi Penelitian Ini Seluruh Siswa Tk Dharmawanita Kelas B. Sampel Sabanyak 30 Responden. Teknik Sampling Nonprobability Sampling Jenis Total Sampling. Variabel Penelitian Perkembangan Sosial Anak. Data Yang Diperoleh Dari Pengisian Lembar Observasi Diolah Dalam Bentuk Tabel Distribusi Frekuensi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Responden Menunjukkan Nilai Yang Sama Yaitu Setengahnya (50%) Responden Nilai Perkembangan Sosialnya Baik Dan Cukup Dan Tidak Satu Pun (0%) Yang Perkembangan Sosialnya Cukup. Simpulan Penelitian Adalah Tingkat Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Dharmawanita Desa Ngampel Sari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo Memiliki Perkembangan Sosial Yang Sebanding. Diharapkan Bagi Ibu Dan Pengajar Untuk Lebih Memotivasi Dan Memberikan Stimulasi Bagi Anak Agar Perkembangan Sosial Anak Dapat Tercapai.