ANALISIS HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG ICU RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA

Main Author: RAHMAWATI, UMI
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: UNKNOWN , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/629/1/KT-KP-140065_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/629/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-9924.html
Daftar Isi:
  • Beberapa keluarga pasien masih ada yang tidak puas terhadap pelayanan di ruang ICU karena kurang informasi dan keterbatasan jam besuk. Tujuan penelitian mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di ruang ICU Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh keluarga pasien di ruang ICU Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya sebesar 40 orang, besar sampel 36 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cara simple random sampling. Variabel independent adalah mutu pelayanan dan variabel dependent adalah kepuasan keluarga pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan kemaknaan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (66,7%) menyatakan mutu pelayanan baik dan sebagian besar responden (55,6%) menyatakan puas. Hasil uji statistik dengan menggunakan chi-square didapatkan hasil p=0,001 < α (0,05) artinya H0 ditolak, ada hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di ruang ICU Rumah Sakit Islam Jemursari Simpulan penelitian adalah sebagian besar responden menyatakan mutu pelayanan di ruang ICU Rumah Sakit Islam Surabaya baik. Diharapkan perawat di ruang ICU Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya tetap menjaga mutu pelayanan.