PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG MADINAH RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA

Main Author: PRADANA, YOSY PRAMITA
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/5994/1/KT-NS-190045_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/5994/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22991.html
Daftar Isi:
  • Kecemasan merupakan perasaan paling umum yang dialami oleh pasien anak usia prasekolah. Perasaan cemas tersebut ialah dampak dari hospitalisasi yang dialami anak, kecemasan yang dialami anak berisiko dapat mengganggu tumbuh kembang dan proses penyembuhan. Untuk mengurangi tingkat kecemasan dapat diberikan terapi bermain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan terapi bermain Puzzle terhadap tingkat kecemasan pada anak usia pra sekolah yang mengalami hospitalisasi di Ruang Madinah Rumah Sakit Islam A.Yani. Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 2 pasien anak yang mengalami hospitalisasi dengan masalah keperawatan ansietas (cemas) di Ruang Madinah Rumah Sakit Islam A.Yani Surabaya. Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan asuhan keperawatan. Hasil dari penerapan terapi bermain puzzle yang dilakukan 1x1 hari dengan waktu ±35 menit selama 3 hari berturut-turut ini didapatkan bahwa terdapat penurunan tingkat kecemasan pada anak yang mengalami hospitalisasi. Terapi bermain puzzle yang diterapkan pada anak yang mengalami hospitalisasi efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan pada anak. Oleh sebab itu perawat diharap dapat menerapkan terapi bermain di ruang Madinah Rumah Sakit Islam A.Yani Surabayan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya hospitalisasi pada anak