Hubungan Peran Orang Tua Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia Toddler di Paud Permata Bunda RW 01 Desa Jati Selatan 1 Sidoarjo
Main Authors: | RAHAYU, DEVI MUJI, Firdaus, . |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UNUSA Press
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unusa.ac.id/5923/1/Hubungan%20Peran%20Orang%20Tua%20Dengan%20Kemampuan%20Toilet%20Training%20Pada%20Anak%20Usia%20Toddler%20di%20Paud%20Permata%20Bunda%20RW%2001%20Desa%20Jati%20Selatan%201%20Sidoarjo.pdf http://repository.unusa.ac.id/5923/2/peer%20review.pdf http://repository.unusa.ac.id/5923/3/turnitin.pdf http://repository.unusa.ac.id/5923/ https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JHS/article/view/219 https://doi.org/10.33086/jhs.v8i1.219 |
Daftar Isi:
- Kejadian yang sering terjadi pada anak usia toddler adalah ketidak mampuan dalam melakukan toilet training. Hal ini disebabkan karena orang tua kurang berperan aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan kemampuan toilet training pada anak usia toddler di PAUD Permata Bunda RW 01 Desa Jati Selatan 1 Sidoarjo. Desain penelitian adalah analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi adalah seluruh orang tua dan anak usia toddler. Sampel sebanyak 24 responden dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Variabel independen peran orang tua dan variabel dependen kemampuan toilet training pada anak usia toddler. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS 17.0 dengan uji chi-square tingkat kemaknaan α (0,05). Hasil penelitian peran orang tua menunjukkan setengahnya (50% ) orang tua dengan peran kurang baik dan kemampuan toilet training sebagian besar (54,2% ) anak usia toddler tidak mampu melakukan toilet training. Berdasarkan uji chi-square didapatkan tingkat signifikan p=0,001<0,05 yang berarti H0 ditolak maka ada hubungan peran orang tua dengan kemampuan toilet training pada anak usia toddler. Simpulan dari penelitian ini adalah semakin baik peran orang tua maka kemampuan anak juga akan semakin baik. Hendaknya orang tua dapat mengerti kesiapan anak dalam pembelajaran toilet training sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran dan kemampuan toilet training anak.