MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS CEMPAKA KELURAHAN Dr.SUTOMO KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA

Main Author: PANGESTUTIK, DWI
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/5575/1/SR-TK-190132_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/5575/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23601.html
ctrlnum 5575
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unusa.ac.id/5575/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS CEMPAKA KELURAHAN Dr.SUTOMO KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA</title><creator>PANGESTUTIK, DWI</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Kemampuan sosial emosional anak di PPT Tunas Cempaka masih belum optimal hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya kurangnya bekerja sama dengan teman sebaya, belum bisa memahami dan mentaati peraturan, belum bisa bergabung dalam bermain peran dan belum bisa memilih peran yang di mainkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan sosial emosional pada anak usia 3-4 tahun melalui metode bermain peran di PPT Tunas Cempaka kecamatan tegalsari.&#xD; &#xD; Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini anak usia 3-4 tahun. Penelitian dilakukan dua tahap siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan, data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.Tehknik pengumpulan data dapat digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini,tehknis analisa data melalui observasi atau pengamatan pada anak anak dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.&#xD; &#xD; Hasil penelitian kemampuan sosial emosional menunjukkan nilai rata-rata pada prasiklus yaitu 39,44%, siklus I yaitu 69,44%, siklus II yaitu 87,22% dengan katagori berkembang sangat baik.&#xD; Hasil kesimpulan ini adalah melalui bermain peran dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 3-4 tahun apabila sudah mencapai indikator perkembangan anak. Saran kegiatan bermain peran yang telah dilaksanakan berhasil meningkatkan kemampuan emosional anak, oleh karena itu guru harus mempunyai kemampuan memotifasi anak , mempasilitasi belajar anak dan memonitor anak.</description><publisher>UNKNOWN</publisher><date>2019</date><type>Other:Undergraduate Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unusa.ac.id/5575/1/SR-TK-190132_abstract.pdf</identifier><identifier> PANGESTUTIK, DWI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS CEMPAKA KELURAHAN Dr.SUTOMO KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis] </identifier><relation>http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23601.html</relation><recordID>5575</recordID></dc>
language eng
format Other:Undergraduate Thesis
Other
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author PANGESTUTIK, DWI
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS CEMPAKA KELURAHAN Dr.SUTOMO KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA
publisher UNKNOWN
publishDate 2019
topic BF Psychology
url http://repository.unusa.ac.id/5575/1/SR-TK-190132_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/5575/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23601.html
contents Kemampuan sosial emosional anak di PPT Tunas Cempaka masih belum optimal hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya kurangnya bekerja sama dengan teman sebaya, belum bisa memahami dan mentaati peraturan, belum bisa bergabung dalam bermain peran dan belum bisa memilih peran yang di mainkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan sosial emosional pada anak usia 3-4 tahun melalui metode bermain peran di PPT Tunas Cempaka kecamatan tegalsari. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini anak usia 3-4 tahun. Penelitian dilakukan dua tahap siklus, setiap siklus ada dua kali pertemuan, data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.Tehknik pengumpulan data dapat digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini,tehknis analisa data melalui observasi atau pengamatan pada anak anak dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian kemampuan sosial emosional menunjukkan nilai rata-rata pada prasiklus yaitu 39,44%, siklus I yaitu 69,44%, siklus II yaitu 87,22% dengan katagori berkembang sangat baik. Hasil kesimpulan ini adalah melalui bermain peran dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 3-4 tahun apabila sudah mencapai indikator perkembangan anak. Saran kegiatan bermain peran yang telah dilaksanakan berhasil meningkatkan kemampuan emosional anak, oleh karena itu guru harus mempunyai kemampuan memotifasi anak , mempasilitasi belajar anak dan memonitor anak.
id IOS3943.5575
institution Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)
institution_id 899
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA)
library_id 845
collection Repository Universitas Nahdlatul Ulama surabaya (UNUSA)
repository_id 3943
subject_area Professional Nurses/Keperawatan Profesional
Obstetric, Midwifery/Obstetri, Ilmu Kandungan, Ilmu Kebidanan
Medicine and Health/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
repoId IOS3943
first_indexed 2019-09-23T05:56:55Z
last_indexed 2019-11-04T12:22:52Z
recordtype dc
_version_ 1686067869329129472
score 17.538404