MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN LOMPAT KELINCI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT TUNAS MEKAR KECAMATAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA

Main Author: CHASANAH, NUR
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/5534/1/SR-TK-190093_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/5534/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23298.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan di lapangan bahwa kemampuan motorik kasar pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Mekar belum berkembang. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Mekar Kecamatan Semampir. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subjek penelitian adalah anak didik usia 3-4 tahun di PPT Tunas Mekar yang berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah Permendikbud 146 . Teknis analisis data yang dilakukan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80%. Hasil penelitian menunjukkan dari pra siklus kemampuan motorik kasar anak sebanyak 12,5% anak masih berkembang. Pada siklus I 35% berkembang sangat baik dan pada siklus II 80% berkembang sangat baik. Perolehan siklus II menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak di PPT Tunas Mekar mengalami peningkatan. Simpulan penelitian ini bahwa dengan kegiatan yang berulang-ulang melalui permainan lompat kelinci dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Mekar. Peneliti memberi saran, diharapkan guru melakukan kegiatan pembelajaran yang inovatif sehigga dapat meningkatkan kemampuan anak.