UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI PERMAINAN GERAK LOKOMOTOR DI PPT ANGGREK I KELURAHAN SIWALANKERTO KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA
Main Author: | ERNI, RACHMAWATI |
---|---|
Format: | Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unusa.ac.id/5511/1/SR-TK-190071_abstract.pdf http://repository.unusa.ac.id/5511/ http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23041.html |
Daftar Isi:
- Perkembangan sosial emosional anak dapat terjadi secara optimal melalui aktivitas permainan gerak lokomotor, karena secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku anak sehari-hari, maka perkembangan soial emosional di PPT Anggrek 1 akan ada perubahan kearah yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan gerak lokomotor dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di PPT Anggrek 1 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek 1 Surabaya terjadi peningkatan perkembangan sosial emosional anak setelah melakukan kegiatan permainan gerak lokomotor. Pada pra siklus sebesar 48,80 % yang berada pada kriteria kurang dari 75% Belum Berkembang (BB), saat siklus I pertemuan1 meningkat menjadi 63,09 % dan siklus I pertemuan 2 menjadi 71,42 % Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,95% yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan gerak lokomotor dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini di PPT Anggrek 1 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo. Untuk itu disarankan kepada guru agar lebih kreatif dan menarik dalam memberikan kegiatan pembelajaran.