MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT BERLIAN SEMBILAN KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA
Main Author: | LAILAH, IDAH |
---|---|
Format: | Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unusa.ac.id/5462/1/SR-TK-190042_abstract.pdf http://repository.unusa.ac.id/5462/ http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22875.html |
Daftar Isi:
- Kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka masih rendah dikarenakan selama ini pendidik dalam pembelajaran menggunakan lembar kerja. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka melalui media bahan bekas. Hal ini menarik untuk diteliti lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka melalui media bahan bekas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). subyek penelitian adalah anak didik PPT Berlian Sembilan usia 3-4 tahun, berjumlah 20 anak. Data penelitian melalui observasi saat pembelajaran.Penelitian ini melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik analisis data yang digunakan penelitian adalah tehnik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif mengenal angka pada saat prasiklus 30,8% dengan kriteria mulai berkembang. Pada Siklus I diperoleh 46% dengan kriteria mulai berkembang. Pada siklus II 77,5% dengan kriteriaberkembang sangat baik dinyatakan sesuai indikator setelah dilakukan tindakan kelas terus meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media bahan bekas dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan bahan bekas dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka.Disarankan bagi guru untuk menggunakan berbagai media dalam meningkatkan kognitif anak didik.