PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD LABORATORIUM UNESA KETINTANG SURABAYA

Main Author: MUBAROKAH, AL-ASLIKHATUL
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/5181/1/SR-SD-190013_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/5181/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22283.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SD Laboratorium Unesa Ketintang Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan metode eksperimen dan dengan desain One Group Pre-test Post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SD Laboratorium Unesa Ketintang Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu kali pertemuan Teknik Pengumpulan data menggunakan tes yang berupa soal pre- test dan post-test. Validasi penelitian ini adalah validator pakar. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik non parametric dengan analisis uji wilcoxon mathed pairs, karena data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Laboratorium Unesa Ketintang Surabaya dengan rata-rata sebesar 94.67 setelah diberi penerapan dengan menggunakan model Student Team Achievement Divisions. Hal tersebut diketahui melalui hasil output “Test Statistic”, yang menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0.001 < 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis 1 (H1 ) diterima, yang artinya ada perbedaan pada nilai pre-test dan post-test dan ada pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap hasil belajar siswa.