GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG SCHOOL PHOBIA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TAMAN KANAK - KANAK BINA PUTRA KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA

Main Author: VIANA, .
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/4978/1/KT-KP-140170_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/4978/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-11031.html
Daftar Isi:
  • School Phobia atau school refusal adalah suatu kondisi yang digunakan untuk mcnggambarkan anak-anak yang memiliki pola menghindar atau menolak untuk masuk sekolah. School phobia dapat menyebabkan anak kehilangan usaha untuk belajar, Pada kenyataannya masih ada anak yang takut untuk pergi ke sekolah clan sang ibu tidak tahu apa yang terjadi pacla anaknya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengetahuan ibu tentang pengertian school phobia pada anak usia 4 - 6 tahun di TK Bina Putra kecamatan Sawahan Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan populasi semua ibu yang mempunyai anak usia 4 - 6 tahun di TK Bina Putra kecamatan Sawahan Surabaya sebanyak 30 responden. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah yang memenuhi kriteria penelitian yang berjumlah 30 responden. Sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Data yang didapatkan dari penyebaran kuesioner secara terstruktur kemudian dilakukan pengolahan data clalam skala ordinal dan ditulis dalam bentuk prosentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang school phobia pada anak usia 4 - 6 tahun adalah baik yaitu dengan prosentase 500/o, berpengetahuan cukup 36,7% dan berpengetahuan kurang 13,3%. Diharapkan setelah dilakukan penelitian ini, ibu yang memiliki anak usia 4-6 tahun lebih meningkatkan pengetahuannya tentang school phobia, sehingga dapat mcngurangi terjadinya school phobia bila terjadi pada anaknya.