UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN BALOK BERVARIASI PADA KELOMPOK B DI PPT SRIKANDI KECAMATAN WONOCOLO KOTA SURABAYA

Main Author: LUCYA, FRIDA
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/3771/1/SR-TK-180070_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/3771/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-20992.html
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan di lapangan bahwa rendahnya kemampuan mengenal bentuk Geometri pada anak kelompok B PPT Srikandi. Mereka hanya bisa menyusun balok saja tanpa tahu nama masing- masing bentuk balok dan tidak mengetahui perbedaan nama dan bentuk Geometri Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk–bentuk Geometri pada anak Kelompok B PPT Srkandi Kecamatan Wonocolo Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah anak didik kelompok B PPT Srikandi yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.Instrumen yang digunakan adalah Balok dengan berbagai bentuk. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif .Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 85% . Hasil penelitian menunjukkan dari pra tindakan kemampuan mengenal bentuk Geometri sebanyak 60% anak yang masih Belum Berkembang .Pada Siklus I hampir setengah anak yaitu 40% Berkembang Sangat Baik dan pada Siklus II hampir seluruh siswa yaitu 93,3% Berkembang Sangat Baik. Perolehan presentase Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal bentuk Geometri Kelompok B PPT Srikandi mencapai keberhasilan. Simpulan penelitian ini bahwa dengan bermain Balok Bervariasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal Bentuk Geometri di kelompok usia 3-4 tahun PPT Srikandi. Dengan bermain balok bervariasi diterapkan di PAUD dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri dan anak mampu berimajinasi dalam bernain balok bervariasi.