HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK AUTIS USIA DIBAWAH 6 TAHUN DIRUANG KELAS SBK HARAPAN BUNDA SURABAYA

Main Author: NUSANTARA, SILKA SUNI PUTRI
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/2679/1/KT01759_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/2679/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-7404.html
Daftar Isi:
  • Perkembangan komunikasi pada anak autis sangat berbeda dengan anak normal. Sebagian besar dari mereka belum dapat berbicara, terlambat bicara, dan berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti artinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa pada anak autis usia dibawah 6 tahun diruang kelas SBK Harapan Bunda Surabaya. Penelitian ini analitik observasional dengan menggunakan jenis rancang bangun cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua dan anak autis usia 2-6 tahun di SBK Harapan Bunda Surabaya sebesar 25 orang. Besar sampel 20 responden dan jumlah sampel yang digunakan sampel ganda diambil secara simple random sampling. Data diambil pada bulan April 2011 melalui pemberian kuesioner untuk orangtua dan check list pada anak autis kemudian dianalisis menggunakan uji exact fisher dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (60%) responden ibu menerapkan pola asuh menuruti, setengahnya (50%) dari responden anak autis mengalami perkembangan bahasa kurang. Hasil uji statistik exact fisher didapatkan nilai ρ (0,004) pada α (0,05), berarti ρ < maka H0 ditolak berarti ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan bahasa pada anak autis usia dibawah 6 tahun diruang kelas SBK Harapan Bunda Surabaya. Simpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orangtua yang menuruti cenderung mempunyai anak autis dengan perkembangan bahasa kurang. Disarankan bagi keluarga selalu memperhatikan perkembangan anak agar sesuai dengan tahap usianya.