HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PENERAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH (3-5 TAHUN) DI WILAYAH RW.06 DESA GEDANGAN SIDAYU GRESIK

Main Author: MUASROFAH,
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/2087/1/KT02629_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/2087/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-8235.html
Daftar Isi:
  • Pada masa kini kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya mengakibatkan terbatasnya interaksi orang tua dengan anaknya yang susah mengajarkan toilet training. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan penerapan toilet training pada anak usia pra-sekolah di wilayah RW 06 Desa Gedangan Sidayu Gresik. Desain penelitian analitik. Populasi ibu yang memiliki anak usia pra-sekolah didesa Gedangan Sidayu Gresik sebesar 33 responden, besar sampel 31 responden dengan tehnik simple random sampling. Variabel independen pola asuh orang tua dan variabel dependen penerapan toilet training. Instrumen menggunakan kuesioner dan skala likert. Dianalisis dengan uji Rank-Spearman dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian dari 31 responden hampir setengahnya 11 (35,5%) ibu pola asuh otoriter dan sebagian besar 18 (58,1%) ibu penerapan toilet training kurang baik. Hasil uji Rank-Spearman didapatkan nilai ρ = 0,027 yang berarti ρ<α maka H0 ditolak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan penerapan toilet training pada anak usia pra sekolah didesa Gedangan Sidayu Gresik. Pola asuh orang tua dengan penerapan toilet training pada anak usia-pra sekolah hampir seluruhnya dengan pola asuh otoriter, mempunyai penerapan toilet training kurang baik. Oleh karena itu orang tua sebaiknya menerapkan pola asuh demokratis agar anak bisa melakukan toilet training sesuai dengan usia.