HUBUNGAN MUTU PELAYANAN GIZI RUMAH SAKIT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG KEMUNING RSI JEMURSARI SURABAYA

Main Author: ROHMANA, DEWI INDRA
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: UNKNOWN , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/1691/1/KT02193_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/1691/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-7820.html
Daftar Isi:
  • Mutu pelayanan gizi merupakan salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit, dimana mutu pelayanan gizi tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Keluahan pasien yang beragam di tunjukkan pada beberapa aspek pelayanan di rumah sakit salah satunya adalah mutu pelayanan gizi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan gizi rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Kemuning RSI Jemursari Surabaya. Desain penelitian ini adalah analitik cross sectional. Populasi seluruh pasien ruang Kemuning RSI Jemursari Surabaya sebesar 159, besar sampel adalah 67 responden, diambil menggunakan simple random sampling. Variabel independen adalah mutu pelayanan gizi rumah sakit dan variabel dependen adalah tingkat kepuasan pasien. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Data dianalisis dengan uji statistik Rank Spearman dengan tingkat α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar (52,2%) menyatakan mutu pelayanan gizi rumah sakit baik dan setengahnya (50,7%) menyatakan puas. Uji korelasi statistik Rank Spearman didapatkan nilai ρ = 0,003 sehingga ρ < 0,05 maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan mutu pelayanan gizi rumah sakit dengan tingkat kepuasan pasien di ruang Kemuning RSI Jemursari Surabaya. Simpulan dalam penelitian ini adalah semakin baik mutu pelayanan gizi rumah sakit semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Petugas kesehatan kendaknya lebih teliti saat mengolah dan menyiapkan makanan yang akan disajikan kepada pasien, supaya mutu pelayanan gizi di rumah sakit lebih baik dan pasien menjadi lebih puas.