HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG KEMUNING RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA

Main Author: WARDANI, MASHITA KUSUMA
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: UNKNOWN , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/1681/1/KT02215_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/1681/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-7842.html
Daftar Isi:
  • Komunikasi terapeutik perawat dapat mempengaruhi pasien, sehingga komunikasi sangat diperlukan dalam pelayanan keperawatan. Diruang kemuning kurang menggunakan komunikasi terapeutik, perawat hanya berkomunikasi seperlunya saja. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien diruang Kemuning RSI Jemursari Surabaya. Desain penelitian adalah analitik cross sectional. Populasinya semua pasien berusia diatas 15 tahun diruang Kemuning RSI Jemursari Surabaya sebesar 150 pasien, besar sampel 63 responden diambil dengan menggunakan tehnik simple random sampling, instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi terapeutik perawat sebagian besar (73,0%) baik dan pasien sebagian besar (68,35%) puas dengan pelayanan keperawatan. Uji statistik Chi Square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05 didapatkan ρ (0,028) < α (0,05) maka Ho ditolak berarti ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien diruang Kemuning RSI Jemursari Surabaya, dengan hasil analis OR=3,580, artinya komunikasi terapeutik perawat yang baik mempunyai peluang 3,58 kali pasien puas dibandingkan komunikasi terapeutik perawat yang jelek. Simpulan penelitian adalah sebagian besar pasien diruang Kemuning RSI Jemursari Surabaya menyatakan komunikasi terapeutik perawat baik dan pasien puas, maka sebaiknya perawat tetap mengoptimalkan fungsi perawat tanpa mengabaikan aspek psikologis yang dapat berpengaruh pada perasaan pasien.