ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA YANG MEMPENGARUHI KELULUSAN MATAKULIAH KMB II DI STIKES YARSIS

Main Author: ROMADHONI, SAHRI
Format: Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: UNKNOWN , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unusa.ac.id/1663/1/KT02829_abstract.pdf
http://repository.unusa.ac.id/1663/
http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-8432.html
Daftar Isi:
  • Motivasi belajar timbul karena dua faktor, faktor interinsik dan eksterinsik. Berdasarkan dari data akademik STIKES YARSIS didapat, 77% mahasiswa angkatan tahun 2010 mengikuti remidi matakuliah KMB II, angkatan 2009 didapat 78% mahasiswa mengikuti remidi. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor motivasi belajar mahasiswa yang mempengaruhi kelulusan matakuliah KMB II di STIKES YARSIS. Desain penelitian adalah analitik. Populasi penelitian seluruh mahasiswa STIKES YARSIS semester 5 tahun akademik 2012/2013 angkatan tahun 2010, besar sampel 69 responden. Penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen adalah faktor-faktor motivasi belajar mahasiswa dan Variabel dependen adalah kelulusan matakuliah KMB II. Pengumpulan data menggunakan kuisoner, data analisis menggunakan uji chi-square test. Hasil penelitian dari faktor motivasi belajar menunjukkan lemahnya motivasi belajar mahasiswa sebagai contoh salah satu faktor keinginan, hampir seluruh (78,3%) dari mahasiswa memiliki keinginan yang lemah, hampir seluruh (88,4%) mahasiswa lulus tidak langsung. Hasil uji chi-square test, seluruh faktor motivasi diperoleh p > α sehingga Ho diterima, artinya tidak ada pengaruh faktor- faktor motivasi belajar mahasiswa terhadap kelulusan matakuliah KMB II. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada pengaruh faktor- faktor motivasi belajar mahasiswa terhadap kelulusan matakuliah KMB II. Untuk itu diharapkan bagi mahasiswa agar selalu meningkatkan semangat serta mengoptimalkan proses belajar dan kualitas belajar.