HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PERMAINAN EDUKATIF DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH 3-6 TAHUN DI PG-TK DARUSSALAM WEDORO BELAHAN - WARU SIDOARJO
Main Author: | NURMALASARI, DESI |
---|---|
Format: | Undergraduate Thesis PeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unusa.ac.id/1140/1/KT-KP-140099_abstract.pdf http://repository.unusa.ac.id/1140/ http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-9992.html |
Daftar Isi:
- Fenomena yang terjadi banyak orang tua yang tidak tahu tentang pentingnya manfaat dan jenis permainan edukatif yang dapat melatih perkembangan dan perilaku sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang permainan edukatif dengan perkembangan anak usia pra sekolah 3-6 tahun di PG-TK Darussalam Wedoro Belahan – Waru Sidoarjo. Desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya semua ibu yang mempunyai anak usia 3-6 tahun sebesar 30 ibu dengan besar sampel 28 responden diambil dengan cara simple random sampling. Variabel independen pengetahuan ibu tentang permainan edukatif dan variabel dependen perkembangan anak usia pra sekolah 3-6 tahun. Menggunakan instrument kuesioner dan KPSP. Uji statistik yang digunakan adalah Rank Spearman dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan ibu tentang alat permainan edukatif sebagian besar baik. Perkembangan anak usia prasekolah sebagian besar sesuai dengan usia. Ada hubungan pengetahuan ibu tentang permaianan Edukatif dengan perkembangan anak usia pra sekolah 3-6 tahun di PG-TK Darussalam Wedoro Belahan – Waru Sidoarjo. Simpulan dari penelitian ada hubungan pengetahuan ibu tentang permainan edukatif dengan perkembangan anak usia pra sekolah 3-6 tahun di PG-TK Darussalam. Diharapkan ibu dapat meningkatkan informasi tentang pengetahuan permainan edukatif dengan perkembangan anak usia pra sekolah dan dapat mengajarkan permainan edukatif secara mandiri.