PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PROBLEM SOLVING PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Ambarita, Alben |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/5323 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/5323/3331 |
Daftar Isi:
- This classroom action research aims to improve the quality of the activity and the student learning outcomes in mathematics. Subjects were the fourth grade students of SD Negeri 2 East Metro with totally 35 students. Students and teacher's activity data were collected by observation. Result learning collection by assessment. The results showed that the use of problem solving strategies in mathematics learning material of rupture numbers, can increase the activity and student learning outcomes.Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Timur sejumlah 35 orang. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui observasi. Data hasil belajar diperoleh melalui asesmen bentuk pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi problem solving dalam pembelajaran matematika materi bilangan pecah, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar siswa, problem solving.