SENTIMEN ANALISIS KELUHAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)
Daftar Isi:
- Analisis sentimen adalah proses menganalisis tulisan menggunakan teknik analisis teks untuk menentukan emosi dari penulisnya. Analisis sentimen dapat dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi dan menunjukan tingkat kepuasan pelanggan suatu perusahaan Internet Service Provider terhadap layanan yang ada dengan data opini secara langsung ataupun yang diperoleh dari Twitter. Salah satu metode analisis sentiment, yaitu Support Vector Machine (SVM) yang merupakan salah satu metode dalam supervised learning yang biasanya digunakan untuk klasifikasi dan regresi. Hasil pengujian model menggunakan metode analisis Support Vector Machine (SVM) menggunakan data keluhan pelanggan internet di Twitter menghasilkan rata-rata nilai accuracy 93,56%, precission 94,27%, recall 99,20%, dan f1-score 96,67%. Model hasil pengujian dapat digunakan untuk melakukan analisis teks keluhan pelanggan pada suatu perusahaan Internet Service Provider. Kata Kunci: Analisis sentiment, Internet Service Provider, Support Vector Machine, supervised learning.