Daftar Isi:
  • Gojek dan Grab merupakan sebuah terobosan baru dalam perkembangan teknologi, sebuah Startup yang berhasil mencapai nilai valuasi sebesar lebih dari 10 Milliar USD. Kedua aplikasi ini merupakan sebuah teknologi yang melayani jasa angkut secara online, tidak hanya jasa angkut tetapi sekarang sudah tersedia berbagai jenis jasa yang ditawari mulai dari membeli makanan atau barang, melakukan pembayaran, mengirim paket maupun membeli berbagai jenis obat dan vitamin. Dengan jumlah pengunduh lebih dari 5 Juta unduhan yaitu Gojek dengan lebih dari 5 Juta unduhan dan Grab mempunyai lebih dari 10 Juta unuduhan, membuat pengembang terus memberikan sebuah pengalaman yang terbaik untuk pengguna aplikasi, baik itu pengalaman menggunakan jasa atau pengalaman dalam penggunaan aplikasi. Dalam hal pengalaman penggunaan aplikasi terdapat dua sisi terpenting dari sebuah aplikasi yaitu User Interface dan User Experience yang berperan penting untuk menarik daya pikat pengguna. Walaupun kedua aplikasi ini memiliki tujuan yang sama tetapi pengalaman pengguna dalam User Interface dan User Experience pasti berbeda antar pengguna. Untuk mendapatkan nilai pengalaman pengguna, penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan responden yang pernah menggunakan atau sedang menggunakan kedua aplikasi ini serta jumlah harapan yaitu 10000 Responden melalui media social dan hasil kuesioner akan dioleh menggunakan dua cara yaitu manual dan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui nilai pengalaman User Interface dan User Experience dari pengguna aplikasi Gojek dan Grab. Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan adalah Metode Evaluasi Heuristik dan aplikasi yang digunakan yaitu SPSS versi 25 sebagai program aplikasi yang akan mengola data penelitian dan terdapat dua pengukuran Uji yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil pengelolaan data kuesioner User Interface dan User Experience Gojek memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan Grab baik dari pengukuran Uji Validitas dan Uji Reliabilitas yang membuktikan jumlah unduhan yang lebih banyak tidak mempengaruhi nilai pengalaman dari pengguna. Berdasarkan hasil dari penelitian, penelitian ini berupaya memberikan sebuah manfaat bagi pengguna dalam meningkatkan kepercayaan dalam menggunakan sebuah aplikasi serta memberikan sebuah pengalaman baru dan untuk pengembang, yaitu memberikan sebuah informasi dalam meningkatkan performa dari aplikasi. Kata Kunci : Kuesioner, Responden, User Interface, User Experience, Gojek, Grab, Evaluasi Heuristik.