ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE GOMS DENGAN MEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCE STUDI KASUS BHINNEKA.COM DAN ELEVENIA.CO.ID
Daftar Isi:
- Sebagai yang diketahui saat ini kegiatan belanja pada website e-commerce sudah sangat familiar dan telah banyak menarik perhatian masyarakat di Indonesia, Bhinneka dan Elevenia adalah dua dari beberapa website yang sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website tersebut memiliki proses pembelian yang berbeda dan memiliki user interface yang berbeda. Untuk itu perlu dilakukan perbandingan untuk mengetahui mana waktu tercepat dalam melakukan proses pembelian dari dua website dan mana yang lebih diminati oleh masyarakat beserta alasannya. Untuk membandingkan dua website tersebut digunakan metode GOMS dengan teknik KLM yang merupakan teknik untuk menghitung waktu selama melakukan proses pembelian pada dua website tersebut dan menggunakan Kuesioner untuk mengetahui pendapat dari masyarakat mana website yang lebih diminati dari sisi user experience beserta alasannya. Dari hasil perhitungan, website Bhinneka memiliki proses waktu pembelian lebih cepat dibanding dengan Elevenia, sedangkan hasil kuesioner menunjukan Elevenia yang lebih diminati dibandingkan dengan Bhinneka. Artinya berdasarkan hasil kuesioner website Elevenia lebih diminati dari pada Bhinneka. Kata Kunci : GOMS, KLM , user experience, user experience