Daftar Isi:
  • Salah satu perkembangan teknologi saat ini terdapat pada layanan transportasi online. Transportasi online merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat akan transportasi yang mudah didapatkan, nyaman, cepat, dan murah. Hal ini menjadikan transportasi online dibutuhkan oleh banyak masyarakat khususnya di kota-kota besar. Banyak pro dan kontra yang hadir bagi aplikasi berbasis online terutama dari kalangan moda transportasi konvensional serta dari pihak pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Kebiasaan masyarakat saat ini yaitu mengekspresikan pendapat mereka melalui media social. Media sosial menjadi alternatif populer di Indonesia salah satunya adalah Twitter. Oleh karena itu pada penelitian ini menganalisis tentang sentiment tentang transportasi online. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan Maven dan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Data tweet yang digunakan diambil pada tahun 2017 sebanyak 1009 tweet (900 data training dan 109 data uji). Dari hasil pengujian 109 data training didapatkan 11% mempunyai nilai positif 14% mempunyai nilai negatif dan 75% mempunyai nilai netral Hasil uji akurasi pengujian dari 109 data dihasilkan akurasi sebesar 84%. Kata Kunci : Twitter, Transportasi Online, Sentimen, Maven.