ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE GOMS ANALISIS DENGAN MEMBANDINGKAN TIGA WEBSITE E-COMMERCE STUDI KASUS BUKALAPAK, BLIBLI DAN SHOPEE
Daftar Isi:
- Website e-commerce atau website jual beli saat ini sudah semakin berkembang di Indonesia. Bukalapak, BliBli dan Shopee merupakan website yang sering dikunjungi oleh orang indonesia. Memiliki tampilan user interface yang menarik dari masing-masing website , tetapi dari tiga website tersebut mempunyai proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandingan untuk mengetahui mana waktu yang tercepat dari proses pembelian antara tiga website tersebut dan mana yang diminati oleh konsumen dan apa alasannya. Untuk membandingkannya diperlukan metode GOMS dengan teknik KLM gunanya untuk mengetahui lama waktu dari masing-masing website tersebut dan Kuisioner untuk mengetahui mana website yang diminati oleh masyarakat dari sisi user experience nya dan apa alasannya. Hasil dari perhitungan ini adalah website Bukalapak website yang paling cepat pada proses pembeliannya dengan waktu 58.56 detik dan Shopee terlama dengan 78.62 detik sedangkan hasil kuisioner menunjukan 62% memilih Shopee. Artinya website Shopee meskipun memiliki waktu lama tetapi tetap diminati oleh konsumen karena memiliki alasan tertentu. Kata Kunci : user interface, user experience, GOMS, KLM