Daftar Isi:
  • Aplikasi yang dibangun merupakan aplikasi berbasis web yang menerapkan konsep augmented reality untuk menampilkan objek pakaian secara 2D, dimana augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara real-time. Dalam interaksinya aplikasi yang dibangun menerapkan konsep perceptual user interaction dimana pengguna dapat melakukan interaksi dengan aplikasi tanpa menggunakan mouse ataupun keyboard. Hasil dari proyek akhir ini adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mencoba pakaian dan mengganti ukuran pakaian yang dicoba secara virtual dengan menggunakan webcam. Penggunaan augmented reality (AR) untuk aplikasi virtual dressing room dirancang dan dikembangkan menggunakan metode studi pustaka yaitu mencari referensi dan materi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan. Pembuatan Augmented reality (AR). Penelitian ini menghasilkan aplikasi multimedia yang akan membantu mewujudkan agar merasa nyaman dan dapat mengetahui (mem-preview) pakaian apakah sesuai dengan keinginan. Kata kunci: HTML5, Webcam, Virtual Dressing Room, Augmented Reality, Marker