Daftar Isi:
  • Ringkasan Analisis Alokasi Memori Citra Bitmap 24 Bit Oleh THOMAS EDYSON TARIGAN 197410232005011001 Citra dengan format BMP ada tiga macam : citra biner, citra berwarna, dan citra hitam-putih (grayscale). Citra biner hanya mempunyai dua nilai keabuan, yaitu 0 dan 1. Sedangkan citra berwarna setiap piksel disusun oleh tiga komponen warna : R (red), G (green), dan B (blue). Kombinasi dari tiga warna RGB tersebut menghasilkan warna yang khas untuk piksel yang bersangkutan. Setiap nilai piksel membutuhkan alokasi memori untuk menyimpan informasi derajat keabuan yang terdiri dari 0 dan 1 sepanjang 8 bit per byte. Sedangkan untuk citra bitmap 24 bit terdiri dari 3 byte untuk setiap piksel. Bagi sebagian orang masih sulit untuk menentukan ukuran memori yang dibutuhkan untuk menyimpan sebuah citra bitmap, karena citra bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan width dan height dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Penelitian ini fokus untuk menganalisis alokasi memori yang dibutuhkan untuk sebuah citra bitmap dengan format 24 bit. Parameter yang digunakan untuk menentukan alokasi memori yang dibutuhkan citra bitmap adalah ukuran width dan height. Hasil penelitian menunjukkan ukuran width citra bitmap sebagai dasar menentukan formula matematis untuk mengkalkulasi alokasi memori yang dibutuhkan. Selain itu ukuran width yang dikalikan derajat keabuan sebesar 3 Byte jika dimodulo ≠ 0 memori akan menghasilkan padding, besarnya ukuran padding ditentukan dari ukuran width dan height. Kata kunci : Citra Bitmap, Padding , Width, Height