Pemodelan Pemilihan Media Promosi Dengan Metode Analytic Network Process (Anp) Dan Technique For Order Performance By Similarity To Ideal Solution (Topsis)
Main Author: | Sumiyatun, - 091158 |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STMIK AKAKOM Yogyakarta
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.utdi.ac.id/6889/1/1_091158_HALAMAN_DEPAN.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/2/2_091158_BAB_I.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/3/3_091158_BAB_II.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/4/4_091158_BAB_III.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/5/5_091158_BAB_IV.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/6/6_091158_BAB_V.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/7/7_091158_BAB_VI.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/8/8_091158_DAFTAR_PUSTAKA.pdf https://eprints.utdi.ac.id/6889/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pada saat ini, lebih dari 100 perguruan tinggi di Yogyakartka juga menawarkan program studi bidang informatika dan komputer. Hal ini tentu saja menimbulkan persaingan antar perguruan tinggi dalam memperoleh mahasiswa baru. Salah satu pengaruh dari kesuksesan perolehan mahasiswa baru adalah pemilihan media promosi yang tepat. Penelitian ini bertujuan membangun suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu bagia humas dan admisi di STMIK AKAKOM dalam menentukan prioritas media promosi. Sistem pendukung keputusan yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan metode ANP (Analytical Network Process) dan TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Metode ANP digunakan untuk menentukan bobot kriteria dengan memperhatikan pengaruh interdependence antar kriteria, sedangkan TOPSIS digunakan untuk menentukan peringkat alternatif media promosi. Hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem yang digunakan untuk menentukan prioritas media promosi berdasarkan kriteria – kriteria yang telah ditetapkan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu memberikan urutan prioritas media promosi sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan promosi perguruan tinggi. Kata kunci : ANP, media promosi, perguruan tinggi, TOPSIS.