Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika menurut gaya kognitifnya, dan (2) mengidentifikasi factor penyebab kesulitan belajar yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika ditinjau dari gaya kognitifnya. Gaya kognitif dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Matematika Informatika kelas TI-5, Jurusan TI STMIK Akakom tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini terdiri dari 6 orang (3 orang FD dan 3 orang FI) yang diambil menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes gaya kognitif (GEFT), tes tertulis dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Terdapat beberapa perbedaan kesulitan yang dialami mahasiswa FD dengan mahasiswa FI dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika. (2) Terdapat persamaan faktor penyebab dari kesulitan belajar yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral pada mata kuliah Matematika Informatika.