IMPLEMENTASI NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM DI PT. BANK BRI SYARI’AH KCP JOMBANG

Main Author: Hidayati, Athi’
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unhasy , 2016
Online Access: http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/bisei/article/view/57
http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/bisei/article/view/57/57
Daftar Isi:
  • Berdirinya bank-bank syariah di tanah air dipicudengan dikeluarkannya UU No.10 Tahun 1998 tentangdiperbolehkannya dual banking system. Dengan demikianbanyak bermunculan Bank Umum Syariah (BUS) dan BankUmum Konvensional (BUK) yang membuka Unit UsahaSyariah (UUS). Dengan banyak bermunculannya Bank UmumKonvensional (BUK) yang membuka Unit Usaha Syariah(UUS) dan Bank Umum Syariah (BUS) ini timbul anggapanbahwa ”bank konvensional yang hanya dibubuhi labelsyariah”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasinilai-nilai Ekonomi Islam pada PT. Bank BRI Syari‟ah KCPJombang meliputi aspek penghimpunan dan penyaluran dana,aspek manajemen sumber daya manusia dan aspek CorporateCulture (budaya perusahaan).Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fieldresearch) dan penelitian kepustakaan (library research).data-data yang peneliti gunakan adalah data-data yangdiperoleh dari hasil penelitian lapangan yang ditunjang dengandata-data kepustakaan.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa hal yang belumsesusai dan belum sejalan dengan nilai-nilai ekonomi Islamyaitu : a. Budaya musyawarah dan partnership masih belumoptimal dilakukan pimpinan PT. Bank BRI Syari‟ah KCPJombang. b. Nilai budaya PT. Bank BRI Syari‟ah KCPJombang ini belum bisa mencapai tahap menjiwai danmengakar dalam diri karyawan.