Pembawaan, Keturunan, Dan Lingkungan Dalam Perspektif Islam

Main Author: Fathurrohman, Muhammad
Other Authors: Muhammad Fathurrohman, SMPN 2 Pagerwojo, Tulungagung
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M STAI Nazhatut Thullab Sampang , 2017
Online Access: http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/2868
http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/kabilah/article/view/2868/2122
Daftar Isi:
  • Abstrak:Psikologi pendidikan, ketika melihat alam, faktor keturunan dan lingkungan berkembang menjadi empat aliran, yaitu empirisme, naturalisme, nativisme, dan konvergensi. Islam muncul dalam teori fithrah, di mana anak-anak memiliki potensi potensi bawaan agama dalam bentuk Islam. Selain itu, potensi fisik anak juga mengikuti keturunan orang tua. Kondisi perbedaan peserta didik tersebut akan mempengaruhi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik, baik dalam menentukan model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pengajaran, pemilihan media pembelajaran dan sebagainya, bahkan sikap atau interaksi dalam melakukan pembelajaran. Kata Kunci: Pembawaan, Keturunan, Lingkungan Abstract:General educational psychology when looking at nature, heredity and environment developed into four streams, namely empiricism, naturalism, nativism, and convergence. Islam emerged in theory fithrah, where children have the potential of religious inborn potential in the form of Islam. In addition, the physical potential of children also follow the descendants of that parent. Conditions such learners difference will affect the learning undertaken by educators, both in determining the learning model, learning approaches, learning strategies, teaching methods, the selection of instructional media and so forth, even attitudes or interaction in conducting learning. Keywords: Innate, Heredity, Environment