KAJIAN STRUKTURALISME DAN NILAI MORAL CERITA RAKYAT SYEKH MAULANA MANSHURUDIN CIKADUEUN SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN DAN BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA

Main Author: Sauri, Sopyan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Mathla'ul Anwar Banten , 2017
Online Access: http://ojs.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/147
http://ojs.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/147/96
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unsur intrinsik dan nilai moral cerita rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun sebagai upaya pelestarian dan bahan pembelajaran apresiasi sastra. Penelitian ini menggunakan metode desktiftif kualitatif. Analisis struktur cerita menggunakan teori analisis unsur intrinsik. Untuk menganalisis nilai moral berdasarkan gabungan beberapa pendapat. Penelitian ini dilakukan di tempat adanya objek penelitian yaitu di Kampung Cikadueun, Desa Cikadueun, Kecamatan Cipeucang Kabupaten Pandeglang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data lisan dan data tulisan. Berdasarkan hasil penelitian terhadap cerita rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun dapat diketahui bahwa struktur cerita rakyat yang terdapat dalam ceirta rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun ialah tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang dan amanat. Selain itu, dari hasil penelitian menunjukan bahwa nilai moral yang terdapat dalam cerita rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun dibagi menjadi dua yaitu nilai moral baik dan nilai moral buruk. Nilai moral baik ialah religius, tanggung jawab, rasa hormat, tolong menolong, ketekunan, cinta tanah air, banyak akal, dan keberanian. Nilai moral buruk ialah tidak taat terhadap orang tua dan berbohong. Upaya pelestarian cerita rakyat khususnya cerita rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun harus terus dioptimalkan, karena terbukti bahwa masyarakat sekitar objek penelitian sudah banyak yang tidak tahu terhadap cerita rakyat ini. selain itu penggunaan cerita rakyat Syekh Maulana Manshurudin Cikadueun sebagai bahan pembelajara harus di lakukan karena selain memperkanalkan cerita rakyat di kalangan siswa dalam cerita rakyat tersebut terdapat nilai-nilai moral yang dapat diteladani.