PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS ARGUMENTASI

Main Author: Purlilaiceu, Purlilaiceu
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Mathla'ul Anwar Banten , 2017
Online Access: http://ojs.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/144
http://ojs.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/144/94
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data yang akurat tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan kemampuan berpikir kritis dalam menulis karangan argumentasi di kelasXI IPASMA Negeri CMBBS. Hasil penelitian menunjukkan: terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis argumentasi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooverative Integrated Reading and Composition) dengan siswa yang belajar menggunakan metode ekspositori serta terdapat perbedaan kemampuan menulis argumentasi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain Experimen by Treatment 2x2. Data kuantitatif diperoleh melalui tes menulis dan tes berpikir kritis. Analisis data menggunakan ANOVA 2 jalur serta diolah menggunakan program SPSS 16.0.