S PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PRODUK UMKM TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BENDA PUTAR MAHASISWA TINGKAT 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Main Authors: Samijo, Samijo Samijo, Yohanie, Dian Devita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2015
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/11983
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/11983/823
Daftar Isi:
  • Begitu abstraknyaobjekpadamatakuliahmatematika.Makasangatlah diperlukanuntukbisamembawaobyekabtrakstersebutkedalamsuatuyangnyata atau mendekatinyata.Matematikadanbudayaadalahduahalyangberkaitanerat. Tapiterkadangmatematika dilihatsebagaisesuatuyangtidak terkoneksi dengan kehidupan sehari-hari. Matematika sering hanya diajarkan dengan faham menyelesaikan soal –soal saja. Kebanyakan hanya drill soal-soaltanpa mempertimbangkan aplikasi atau terapan dalam masalahsehari-hari.Seharusnya dalammengajarkanmatematika formal(matematikasekolah),sebaiknyamemulai dengan menggali pengetahuanmatematika informalyangtelahdiperolehdari kehidupan masyarakat disekitartempattinggalnya.Bisadikembangkantidakhanya budaya,tapibisaprodukUMKM karyaseni,atausegalayangmenjadiunggulan didaerahmasing-masing.SehinggaLingkungandapatmenjadisumbermasalah matematika dalamkehidupan nyata. Matematikadalambudaya dikenal denganistilah etnomatematika.Setiap daerah tentunya mempunyai budayamasing-masing.Dalam mengajarkan materivolumebendaputar pada matakuliahKalkulusII atauKalkulus Integral teridentifikasietnomatika.UMKM  produksi gethuk pisang  yang merupakan oleh-olehkhaskotaKediri.Disampingitumasihbanyakjajanan/ makananyangbisa ditemukandi KotaKedirisepertikrupuk gambir,tahutaqwa,dll.Tujuandari penelitian eksploratifdengan pendekatanetnomatematikainiadalahuntukmenggalidan mengeksplorasikonsepmatematikaapasajayangmerupakanprodukUMKM khas kotaKediri, yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar matematika serta sebagai upaya untuk mengembangkan etnomatematikasebagai basis pembelajaran matematika.Melalui eksplorasi, dokumentasi,studi literatur dan observasi di berbagai produk olahanUMKM,makadapat disimpulkanbahwaterdapatkonsepvolumebenda putar matakuliah Kalkulus II. Pembelajaran   matematika menggunakanobjek etnomatematika dapat memperkaya aplikasi matematika yang ada di sekitar mahasiswa  serta dapat  memfasilitasi  mahasiswa memahami volume benda  putar yang bersifatabstrakdengan menggunakanobjeketnomatematikayangkonkrit. Kata kunci : etnomatematika, Volume benda putar, UMKM, gethuk pisang.